Jumat, 29 Mei 2009

Protista

Kingdom Protista meliputi seluruh makhluk hidup yang memiliki sel eukariotik (memiliki selaput inti) tapi bukan termasuk Fungi (jamur), Plantae dan Animalia. Contoh dari protista ini adalah protozoa atau hewan bersel satu dan algae (ganggang).

Berikut akan saya Jelaskan :

PROTOZOA

Mayoritas protozoa bersel satu dan dapat bergerak sendiri, walaupun ada beberapa pengecualian. Ukuran protozoa berkisar antara 0.01-0.5 milimeter. Protozoa terbagi dalam empat grup yakni:

  • Flagellata. Protozoa jenis ini menggunakan flagela untuk bergerak. Flagella adalah suatu organel yang berbentuk menyerupai cambuk. Flagella ini dimiliki banyak organisme uniselular dan dimiliki beberapa organisme multiselular. Contoh flagellata adalah Euglena.
  • Amuboid. Alat gerak hewan ini disebut pseudopodia. Contoh amuboid adalah Amuba.
  • Cilliata. Cilliata menggunakan cilia (tunggal: cilium) yang pendek. Contoh cilliata adalah Paramecium.
  • Sporozoa. Sporozoa adalah parasit yang tidak bisa bergerak bebas. Sporozoa membentuk spora. Contohnya: Plasmodium.

ALGAE

Algae atau ganggang termasuk tumbuhan autotrof. Algae menyerap cahaya matahari untuk kemudian digunakan dalam proses fotosintesis. Beberapa jenis algae tergabung dalam kingdom Plantae dan sisanya tergabung dalam kingdom Protista. Algae terbagi dalam grup sebagai berikut:

  • Chlorophyta. Grup ini mencakup ganggang hijau dan tumbuhan sejenis yang lebih tinggi tingkatannya. Ganggang hijau memiliki klorofil dan tinggal di air laut, air tawar maupun tempat-tempat yang basah. Contoh jenis ganggang ini adalah Ulva dan Spirogyra.
  • Rhodophyta. Jenis ganggang ini tinggal di laut dan mayoritas ganggang ini adalah multiselular. Ganggang ini juga memiliki klorofil seperti halnya Chlorophyta. Ganggang ini digunakan untuk membuat agar-agar. Contohnya: Eucheuma spinosum, dan Gracilaria.
  • Heterokontophyta. Heterokontophyta mencakup ganggang coklat dan diatom. Banyak jenis ganggang ini adalah uniselular yang bergerak dengan flagella. Heterokontophyta terbagi menjadi dua divisi. Yang pertama adalah divisi Chrysophyta - mencakup kelas Chyrsophyceae (ganggang emas) dan kelas Bacillariophyceae (diatom) dan yang kedua adalah divisi Phaeophyta (ganggang coklat). Contoh heterokontophyta adalah: Macrocystis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar